Tren Digital Marketing yang Diprediksi akan Mati di 2018

Beberapa tren di dunia digital marketing akan mulai ditinggalkan di 2018. Berikut 6 tren tersebut seperti yang dilansir oleh situs business2community :

E-Book dan Whitepaper

Mengingat semua serba cepat dan instan di media sosial, maka gaya e-book dan whitepaper dengan tulisan yang panjang sudah tidak lagi terpakai. Jadi kalaupun harus menggunakan dua marketing tools ini, disarankan membuat tulisan yang singkat dan tajam.

Organic Facebook

Organic reach di Facebook merupakan jumlah orang yang melihat post Anda bukan dari iklan / distribusi berbayar. Meski sudah terlihat sejak 2014, tapi 2018 ini jumlah organic reach akan semakin turun karena bisa dibilang sekarang Facebook sudah menjadi platform iklan.

Text Optimisation

Untuk strategi yang lebih besar, teks atau tulisan bisa saja masih berpengaruh. Tapi untuk sekedar menyampaikan pesan, teks tidak lagi dianggap valid. Jadi jika mengoptimalkan teks saja, mungkin ranking Anda di search engine akan turun.

Tahun ini optimisation harus fokus pada sesuatu yang baru, dan memiliki konten yang mengikat. Video, audio dan gambar harus mulai diperhatikan serius. Karena saat ini untuk mencari sesuatu di mesin pencari sudah tidak lagi hanya dengan mengetikkan keyword, tapi bisa dengan voice search bahkan camera search.

Marketing Automation

Brand yang terlalu begantung pada software atau tools untuk aktivitas pemasaran (marketing automation) dirasa kurang ‘hangat’ terhadap audiens-nya. Diperkirakan audiens akan lebih menyukai brand yang bisa menjalin kontak secara personal sehingga membuat mereka merasa dilibatkan dan diistimewakan.

Blogging (Gaya Lama)

Saat ini juga menjadi waktu dimana blogging tidak lagi soal jumlah post (tulisan) seperti era awal kemunculannya, tapi lebih kepada isi konten yang lebih spesifik dan relevan untuk audiens. Update blog di waktu-waktu tertentu dan tidak terlalu sering, akan membuat audiens berpikir bahwa Anda menyiapkan konten secara serius dan tidak semata ingin mendapatkan klik untuk meningkatkan traffic pada blog.

Iklan Video Durasi Panjang

Di tahun ini, iklan video durasi pendek lebih dilirik seiring dengan adanya tanda-tanda channel seperti YouTube berencana menerapkan video berdurasi 6 detik dan Facebook yang juga mulai mempertimbangkan iklan video berdurasi pendek.

*foto : tweakyourbiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *