Setelah 4G, Indonesia Bersiap Sambut Teknologi 5G

Setelah sebelumnya berhasil mengimplementasikan teknologi 4G LTE, kali ini pemerintah akan mendatangkan teknologi terbaru yang merupakan terusan 4G, yaitu 5G di Indonesia. Teknologi ini menjanjikan peningkatakan kecepatan dalam transfer melalui jaringan.

Hal ini ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Rudiantara yang mengungkapkan bahwa pemerintah ingin mendorong 5G berbasis LTE dengan menguji coba teknologi ini di ajang Asean Games pada Agustus 2018 mendatang.

Program ini akan dilakukan melalui PT Telekomunikasi Selular dengan menguji coba jaringan 5G untuk teknologi realitas virtual dan fixed wireless access pada ajang olahraga bergengsi tersebut.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Izza mengatakan saat ini persiapan penerapan uji coba masih dibahas secara intensif. “Kami memang tengah mempersiapkan diri untuk uji coba teknologi 5G,” ungkapnya. Pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai hal ini yaitu melalui Peraturan Menteri Kominfo No.5/2016 tentang Uji Coba Teknologi Telekomunikasi, Informatika dan Penyiaran.

Sebelumnya Telkomsel telah melaksanakan demonstrasi teknologi 5G bersama Huawei yang menghasilkan kecepatan unduh 70 Gbps. Untuk program Asian Games mendatang, Telkomsel akan melakukan percobaan penerapan 5G melalui virtual reality (VR) dan fixed wireless access (FWA).Sementara itu dilansir dari bisnis.com, Ericsson memperkirakan penerapan awal 5G akan menghasilkan sekitar 28 juta pelanggan pada 2022 di kawasan Asia Pasifik yang akan memimpin penyebaran 5G secara global. Khusus Indonesia, diprediksi teknologi 5G mulai diadaptasi pada 2020 atau 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *