Selain Menggunakan Ponsel, Beberapa Hal Ini Juga Dilarang Saat Berkendara

Menggunakan ponsel saat mengendarai kendaraan roda empat maupun dua, merupakan pelanggaran Undang-Undang Lalu Lintas dan akan dikenai hukuman kurungan tiga bulan dan denda paling banyak Rp 750.000. Selain menggunakan ponsel, kegiatan seperti merokok, mendengarkan musik dan berkendara di bawah pengaruh alkohol juga masuk dalam pelanggaran yang sama dan akan dikenai sanksi, karena semuanya sama – sama melanggar UU No 22 tahun 2009 Pasal 106 ayat 1 junto Pasal 283 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Dilansir dari halaman kompas.com, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menjelaskan bahwa Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengatur tentang tata cara berlalu lintas serta ketertiban dan keselamatan. Lebih rinci, dalam Pasal 106 Ayat 1, disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi. Menurut Budiyanto, merokok, mendengarkan musik dan kegiatan lain termasuk dalam tindakan tidak wajar dalam berkendara dan dapat menurunkan konsentrasi sehingga memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Untuk para pengendara yang harus menggunakan ponsel seperti membuka aplikasi Google Maps atau melakukan panggilan, bisa dilakukan saat pengendara sedang menghentikan laju kendaraannya di area yang benar.

“Jadi pada saat pengendara istirahat, artinya kondisi kendaraan sedang berhenti dan kendaraan terparkir di area yang benar. Artinya tidak menganggu sirkulasi lalu lintas,” terang Budiyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *