Samsung Rilis Pengisi Daya Baterai Tanpa Kabel

Samsung telah mengeluarkan teknologi terbaru “Wireless Charging” yang pengisian dayanya bisa dilakukan ketika pengguna berada jauh dari pengisi daya. Hal ini berbeda dengan pengisian daya nirkabel sebelumya dimana handphone harus bersentuhan dengan pengisi daya. Teknologi yang telah mereka patenkan ini ditemukan oleh Galaxy Club.

Meski pengisian daya dengan Samsung Wireless Charger memungkinkan dilakukan tanpa kabel, hanya saja pengguna harus berada di ruangan yang sama dengan pengisi daya. Samsung dianggap lebih berfokus pada aspek sistem energinya, ketimbang pengisi daya sendiri dengan kata lain adalah bagaimana dapat mengisi daya dalam satu ruang tertentu.

Di beberapa negara Wireless Charging telah banyak digunakan, seperti restoran cepat saji Amerika Serikat, yang sudah menempatkan sekitar 600 station di gerainya. Di Inggris, salah satu kedai kopi berbasis waralaba juga sudah memasang 200 station di cabang-cabangnya. Sementara di Indonesia, beberapa produsen telah menanamkan fitur ini pada produk mereka.

Teknologi ini dipercaya merupakan temuan dari ilmuwan Amerika Serikat, Nikola Tesla, pada 1891 yang mencoba teknologi transmisi energi nirkabel pada lampu listrik.

[foto: techradar]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *