Qualcomm Umumkan Smartphone yang akan Didukung Teknologi 5G

Chipset modem Snapdragon X50 yang akan  mendukung konektivitas 5G pada perangkat smartphone telah diumumkan untuk 18 produsen di antaranya Sony, Oppo, Xiaomi, Asus, Fujitsu, HTC, LG, Sharp, Vivo, dan ZTE.

Untuk mengoptimalkan jaringan tersebut Qualcomm (vendor penyedia) menyatakan bahwa operator seperti AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon dan Vodafone akan melakukan uji coba standar 5G NR. Selain itu rencananya Qualcomm akan mengadakan demo di event Mobile World Congress (MWC) 2018.

Rencanya smartphone dengan jaringan 5G ini akan dirilis tahun depan, dan untuk mengantisipasi itu mereka menghadirkan Snapdragon X50. Menurut CEO Qualqomm, Mollenkopf, pengembangan smartphone 5G lebih cepat dari yang diperkirakan. Pasalnya, permintaan pasar akan perangkat berbasis 5G begitu tinggi.

Sejauh ini teknologi 5G sedang dalam tahap pengembangan infrastruktur, dan dipastikan akan bisa digunakan pada tahun 2020, sementara untuk penjualan smartphone 5G sendiri akan dimulai pada 2019 dalam jalur komersial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *