Pemerintah Dorong Lahirnya Startup Baru dari Generasi Muda

Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto berharap Indonesia banyak melahirkan wirausaha industri digital / startup.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan terus mendorong upaya ini, yang sejalan dengan target pemerintah untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Optimisme ini semakin baik karena sasaran tersebut bisa tercapai, apalagi mengingat saat ini jumlah pengguna internet di Tanah Air sudah mencapai 143 juta orang yang merupakan potensi pasar yang besar.

Sebagai dukungan, Kemenperin telah memfasilitasi melalui sarana berbasis inovasi dan kreativitas, seperti pembangunan gedung inkubasi bagi para pelaku usaha rintisan (startup), misalnya Bandung Techno Park, Bali Creative Industry Center (BCIC) atau TohpaTI Center, Incubator Business Center di Semarang, Makassar Technopark dan Pusat Desain Ponsel di Batam, yang diperuntukkan bagi siapapun yang ingin mengembangkan software, web, aplikasi, film dan animasi, serta program-program digital lainnya.

Dilansir dari halaman sindonews.com, kata Menperin, pemerintah juga aktif memacu tumbuhnya wirausaha industri baru, khususnya dari kalangan generasi muda. Pasalnya, ketahanan ekonomi nasional diyakini akan semakin kuat apabila jumlah pengusaha yang dimiliki negara ini bertambah banyak.

“Untuk itu, kami mendorong kepada para mahasiswa agar berwirausaha sejak duduk di bangku kuliah,” ujar Airlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *