Paser’s Ideal Dimata Yukie

Disela- sela persiapan konser Pas dibeberapa titik, Satu Matahari berhasil melakukan obrolan santai dengan Yukie perihal potret Ideal PASer. Berikut ini beberap petikan wawancara yang berhasil kami himpun untuk semua teman- teman PASers .

Satu Matahari : Apa Kabar ?, punya waktu buat ngobrol santai.

Yuki : Sehat, hayo mau ngobrol apa nih.

Satu Matahari : Kita ngobrol-ngobrol soal PASers ya.

Yuki : Ok, siap.

Satu Matahari : Pendapat Yuki tentang eksistensi PASers saat ini bagaimana ?.

Yuki : Buat gua PASers itu seperti obat kuat. Setiap ada konser PASers selalu tumpah ruah diarena konser, itu bikin gua semangat. Engga kebayang kalau setiap konser engga ada PASers, konser pasti sepi dan kita kehilangan semangat diatas panggung.

Satu Matahri : Potret ideal PASers dimata seorang Yuki seperti apa?.

Yuki : Pertanyaan menarik, ini yang selalu pengen gua obrolin. PASers komunitas yang sangat besar. Gua berharap aktivitas PASers bukan hanya sebatas nonton konser setelah itu pulang. Atau hanya sekedar nongkrong dan begadang sampai pagi. Gua engga pengen PASers seperti itu.

Satu Matahari : Lalu idelanya seperti apa aktivitas PASers.

Yuki : Gua kepengen PASers memiliki aktivitas positif, seperti misalkan ada kegiatan kemanusiaan, menolong orang yang lagi membutuhkan pertolongan seperti korban bencana, aktivitas nya bisa macam-macam bisa pengumpulan donasi, menjadi relawan kemanusiaan. Banyak kegiatan positif yang bisa berguna untuk orang lain yang bisa dilakukan oleh PASers itu sih harapan gua.

Satu Matahari : Disetiap konser PASers datang dengan sukarela memenuhi arena konser, tanggapan atau komentarnya seperti apa.

Yuki : Gua berterimakasih karena PASers datang dengan sukarela dan buat gua itu sebuah dukungan yang bikin gua bangga dan gua harus bilang terimakasih karena tanpa PASers, Pas tidak ada akan sebesar seperti saat ini.

Satu Matahari : Selain hal tersebut, ada komen apa lagi, misalkan dari sisi apresiasi apa yang bisa diberikan oleh Pas.

Yuki : Nah itu, Pas tidak bisa memberikan imbalan dalam bentuk materi sebagai wujud terimakasih, tapi gua sih berharap PASers sebagai sebuah komunitas bisa mandiri, sehingga untuk setiap datang dikonser tidak perlu lagi minta keorangtua, buat yang punya penghasilan mungkin engga masalah.

Satu Matahari : Jadi PASers harus mandiri bisa diartikan memiliki usaha bersama.

Yuki : Nah itu dia, betul banget. Gua berharap setiap distrik punya usaha bersama. Dan menurut gua itu bukan yang mustahil. Jaringan antar PASers kan sudah ada, kebanyangkan kan setiap PASers bisa saling tukar informasi apa usaha apa yang dikelola, bisa juga menjual produk antar sesama PASers, tidak hanya sesama PASers tapi bisa kemana aja. Keuntungan yang didapat kan bisa dipakai untuk membiayai datang ke konser, misalkan untuk sewa mobil atau bisa juga untuk membantu sesama PASers yang membutuhkan.

Satu Matahari : Sebagai sebuah komunitas idealnya apa yang bisa mengikat PASers sehingga bisa menjadi solid dan besar.

Yuki : Nah ini pertanyaan serius tapi penting diobroloin. PASers komunitas yang besar, karena sudah besar maka yang bisa mengikat itu bukan gua, bengbeng, trisnoize, sandi atau siapa pun. Yang mengkiat PASers untuk menjadi besar dan solid menurut gua visi. PASers harus punya mimpi besar apa yang mau diwujudkan, harus punya misi. Apa yang harus dilakukan PASers untuk mewujudkan mimpi-mimpinya sebagai sebuah komunitas. Apa yang mau dikerjakan untuk tetap besar, eksis dan solid. Menurut gua ini penting untuk dibicarakan sehingga PASers tidak ketergantungan terhadap orang per orang. Gua, bengbeng, trisnoize, sandi kan engga mungkin hidup abadi.

Satu Matahari : Pelajaran penting apa yang harus dipelajari oleh PASers.

Yuki : Do its Your Self. Itu yang penting untuk dipelajari oleh PASers bahkan bisa dibilang harus tertanam, dipahami serta dilaksanakan oleh PASers sebagai sebuah komunitas serta sebagai individu. Berbuat dan berusahalah dengan kemampuan yang dimiliki oleh PASers baik perorang maupun kelompok. Yakinlah kita bisa melakukan perubahan buat orang lain, buat diri sendiri serta buat lingkungan dimana kita tinggal, jangan pantang menyerah. Bahkan seorang tukang sapu pun bisa membuat perubahan

Satu Matahari : Personil Pas sangat diidolakan oleh PASers, komentarnya seperti apa.

Yuki : Jangan berlebihan kami semua manusia biasa, kalau mau pelajari bagaimana proses kami jatuh-bangun berkreativitas di industry musik. Jangan juga ketergantungan sama kami.

Kontributor : Ibnutsani | Foto : Ubud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *