Masuk Asian Games 2018, E-sports Diharapkan Berkembang di Indonesia

Industri olahraga elektronik atau e-sports sedang sangat diminati di dunia, dan Asia saat ini dikenal sebagai pabrik dari tim-tim ‘garang’ turnamen e-sports taraf internasional.

Di Indonesia sendiri perkembangan games elektronik ini sangatlah pesat, dilansir dari halaman kompas.com, Marketing Director Intel ANZ & East Asia, Anna Torres menyatakan bahwa popularitas e-sports di Indonesia memiliki peluang untuk sejajar dengan beberapa negara tetangga, seperti Thailand dan Filipina. Negara-negara tersebut selangkah lebih maju untuk e-sports, khususnya dalam pengelolaan dan infrastruktur.

Pada tahun ini untuk pertama kalinya e-sports menjadi salah satu cabang olahraga di Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus 2018 mendatang. Hal ini diharapkan mampu menjadi pemicu bagi perkembangan industri e-sports di Indonesia.

Industri gaming di Indonesia sendiri menduduki peringkat ke-16 pada tahun 2017, menurut data dari Newzoo. Sumber daya manusianya pun tak bisa dikatakan sedikit, tercatat anggota gamer di Indonesia mencapai 43,7 juta dengan pendapatan dari game sebesar 879,7 juta USD.

Di dalam negeri, e-sports yang berangkat dari gaming ini masih dipandang sebelah mata sebagai sebuah profesi. Padahal e-sports sudah sampai Olimpiade, dengan kata lain pencapaiannya sudah bisa dibilang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *