Lenna, Asisten Virtual Buatan Lokal

Lenna, aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh salah satu startup dan developer IT di Indonesia, PT Sinergi Digital Teknologi, sudah resmi dirilis untuk pengguna gadget di pasar lokal.

Lenna diyakini bisa menjadi asisten virtual yang lebih personal dengan menggunakan perintah suara (Voice Command). Aplikasi virtual assistant ini menjadi yang pertama menggunakan Bahasa Indonesia dan dapat membantu aktivitas penggunanya dalam berbagai keperluan. Lenna dianggap lebih cerdas berkat sistem AI yang disematkan di dalamnya.

Pada pasar aplikasi sejenis, Lenna menjadi berbeda karena selain bisa Bahasa Inggris Lenna dapat memakai Bahasa Indonesia yang fleksibel dan tidak baku. Ini dianggap kelebihan Lenna jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Google Assistant. Kelebihan lainya adalah dapat digunakan untuk mengecek berita terbaru, ramalan cuaca serta koneksi terhadap mesin pencarian dan platform e-Commerce. Jadi secara langsung pengguna bisa memerintahkan Lenna untuk menjalankan berbagai hal, menanyakan sesuatu secara spesifik, membeli pulsa seluler atau membeli tiket transportasi hingga bioskop.

Nama Lenna sendiri menurut CEO PT Sinergi Digital Teknologi, Rissandi dipilih karena menurutnya identik dengan wanita cantik dan pintar.

Teknologi chatbot (chatterbot : program software yang dirancang untuk mensimulasi percakapan) di Indonesia sudah banyak mengalami kemajuan. Aplikasi ini telah menjangkau hingga ke fungsi asisten personal untuk kebutuhan sehari-hari, dan bisa ditemukan di beberapa aplikasi local. Kondisi ini membuat aplikasi sejenis banyak bermunculan dan salah satunya adalah Lenna di tahun 2018.

Hampir mirip dengan Siri buatan Apple, Lenna lebih memudahkan penggunanya dibanding chatbot kebanyakan yang memerlukan input berupa kalimat teks sebagai perintah. Saat ini Lenna masih dalam tahap pengembangan dan ada beberapa rencana penyempurnaan sistem untuk mengantisipasi kebutuhan tren ke depan, ketersediaan akun khusus bisnis (enterprise), peluncuran versi iOS dan kemitraan dengan sejumlah pelaku bisnis guna memperbanyak fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *