Investor Cari Kreator Lokal Lewat Maker Fest 2018

Sebuah event yang bertujuan mengembangkan produk-produk lokal menjadi bibit industri besar di Indonesia dengan nama Maker Fest 2018 akan segera digelar.

Program yang lahir dari kerjasama Tokopedia bersama Badan Ekonomi Kreatif (Berkaf) serta didukung oleh Kominfo, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Perdagangan ini akan mengadakan audisi di 8 kota, yaitu Bandung, Medan, Padang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, serta Makassar pada rentang April sampai Desember 2018, dengan target di setiap kota dapat menjaring 100 kreator lokal (kompeten), yang kemudian akan diaudisi menjadi 30 kreator, lalu kembali diaudisi hingga 3 kreator, yang selanjutnya akan dibawa ke Jakarta untuk tampil di acara Maker Fest 2018.

CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan bahwa Maker Fest 2018 akan menjadi penghubung para kreator lokal dengan investor dan pemerintah, beliau menambahkan jika dengan interaksi komunitas yang tepat, para kreator lokal dapat berkembang dari usaha kecil menjadi industri yang selanjutnya akan mendunia.

Dilansir dari halaman merdeka.com Kepala Bandan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf berharap, melalui program seperti Maker Fest, ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis kreatif Indonesia yang dapat memperluas skala usahanya. Sehingga mampu memberikan dampak lebih besar terhadap lapangan pekerjaan dan kesejahteraan ekonomi.

“Lebih dari 30% pengusaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah generasi milenial. Sebagai populasi terbesar, anak muda Indonesia masih memiliki potensi besar untuk turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Serta mampu memberikan inspirasi kepada generasi muda lainnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *