Dukung Aturan Kendaraan Ganjil Genap, Waze Rilis Fitur Khusus

Sejak diberlakukannya pembatasan kendaraan bernomor plat ganjil genap di wilayah Jakarta, masih banyak terjadi pelanggaran baik dengan alasan jarang atau pertama kali melintasi jalanan protokol sehingga lupa atau bahkan tidak tahu.

Untuk mengatasi masalah di atas, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berkerjasama dengan aplikasi navigasi Waze, merilis fitur navigasi yang dapat mengimplementasi rute Ganjil Genap di Jakarta.

Dengan Waze, tidak akan kesulitan mencari jalan ketika kendaraannya tidak dapat melalui rute Ganjil Genap, karena pengguna akan diarahkan melalui jalan yang sesuai dengan nomor kendaraannya.

Director of Growth Waze, Di-Ann Eisnor, mengungkapkan bahwa di banyak kota di dunia, Jakarta termasuk kota pertama yang bisa mencoba fitur baru Waze itu.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna Waze dapat masuk ke menu Setting > Navigasi > Licence plate restriction > lalu masukkan dua digit (angka) terakhir nomor plat kendaraan pengguna. Setelah itu secara otomatis Waze akan me-rerouting dan memberikan arahan rute lintasan dengan menyesuaikan implementasi Ganjil Genap.

Tujuan dari kebijakan pembatasan kendaraan bernomor plat ganjil genap dibuat adalah untuk mengatasi kemacetan di Ibukota, dimana aturan ini berlaku setiap hari Senin – Jumat 07.00 – 10.00 WIB dan 16.00 – 20.00 WIB. Tanggal ganjil bagi plat berakhiran nomor ganjil dan tanggal genap untuk plat berakhiran nomor genap, dengan area pengawasan seputar Bundaran Patung Kuda, Bank Indonesia, Sarinah, Hotel Indonesia, Imam Bonjol, Senayan, CSW, Gatot Subroto, dan Mampang.

Dikutip dari halaman nissan.co.id, Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Andri Yansyah, proporsi jumlah kendaraan yang platnya diakhiri nomor ganjil dan genap relatif seimbang, yaitu 50,05% dan 49,95%. Sebagai catatan, angka nol (0) dianggap genap. Karena itu, peraturan Ganjil Genap ini diharapkan dapat memberi solusi dari kemacetan kota Jakarta sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *