Brand Activation, Cara Kreatif Raih Konsumen

Dalam kompetisi bisnis yang semakin ketat, perusahaan mulai meningkatkan upayanya untuk bisa mempertahankan pelanggan dan meraih konsumen baru sebanyak-banyaknya. Dan kini trendnya bukan lagi hanya berfokus pada soal produk yang dijual, tapi bagaimana perusahaan mulai ‘mendengarkan’ konsumen dan memahami bahwa setiap konsumen adalah unik dengan kebutuhan yang juga spesial.

Hubungan dengan konsumen perlu dijaga dan ini bisa dilakukan lewat berbagai strategi yang menarik salah satunya brand activation. Ini merupakan bentuk promosi merek dari perusahaan yang bertujuan mendekatkan merek itu sendiri dengan konsumen melalui berbagai aktivitas yang menarik.

Dibanding iklan konvensional, kelebihan brand activation adalah adanya interaksi langsung dengan konsumen yang tentu akan membuat konsumen merasa lebih dekat. Untuk itu perlu dikemas kegiatan kreatif yang membuat konsumen tertarik sehingga proses menyampaikan ‘pesan’ akan lebih mudah.

Brand activation dapat dilakukan dengan berbagai bentuk dan memanfaatkan berbagai media, misalnya:

1. Direct Marketing Activation, merek langsung bersentuhan dengan konsumen seperti memberikan sampling.
2. Social Media Activation, merek bersentuhan dengan konsumen melalui kegiatan di social media termasuk via e-mail.
3. Promotions Activation, merek mengadakan promo spesial seperti diskon dan undian berhadiah.
4. Sponsorship Activation,  merek mendanai suatu kegiatan / event.

Dan tidak menutup kemungkinan beberapa bentuk dari brand activation di atas digabungkan ke dalam satu kegiatan. Namun apapun bentuk kegiatannya, pada akhirnya yang perlu diketahui adalah seberapa besar dampak kegiatan ini pada konsumen dengan melihat aspek interest, trial, dan loyalty.

Rumusan dasar juga harus dipersiapkan seperti tujuan yang jelas, konsep yang menarik dan original, cara mengeksekusi konsep dan menjaring konsumen secara efektif, serta yang tak kalah penting adalah tidak menghilangkan karakter merek itu sendiri meski harus mengemas kegiatan dengan mengikuti trend yang sedang berlangsung saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *