Bandung Techno Park, Harapan Bagi Wirausaha Industri Digital

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada Peresmian Gedung Bandung Techno Park (BTP) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1) mengungkapkan dirinya sangat berharap salah satu pusat riset di tanah air ini bisa melahirkan wirausaha industri digital. Beliau menegaskan bahwa BTP dapat menjadi sebuah industrial cluster bagi generasi muda Apalagi berbagai perusahaan multinasional di bidang elektronika dan telematika bisa bergabung di sini.

Menurut Airlangga selanjutnya perlu dilakukan link and match dengan startup luar negeri serta kolaborasi dengan Tsinghua University dari China dan Institute of Technical Education (ITE) dari Singapura.

Program BTP dirancang dalam rangka memproyeksikan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 dengan menargetkan 1.000 technopreneur. Selain di Bandung, Techno Park akan dibangun juga di wilayah lain seperti TohpaTI Center di Denpasar, Inkubator Bisnis IKITAS di Semarang, Makassar Techno Park di Makassar, dan Pusat Desain Ponsel di Batam.

Dilansir dari kontan.co.id, Kemenperin tengah menyusun peta jalan Industry 4.0, dimana kunci penting bagi fondasi industri di Indonesia adalah penggunaan artificial intelligence, internet of things, wearable gadgets, advance robotics dan 3D printing.

“Artinya, implementasi Industry 4.0 itu menjadi masa depan bagi industri kita. Karena penerapannya akan meningkatkan produktivitas dan menekan biaya, yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi industri nasional,” tegas Menteri Airlangga.

Adapun produk unggulan BTP yaitu bus billing, detektor polusi, KWH meter, touchboard, volume detector, agriculture system information management, IP phone, dan USB Key.

Pembangunan BTP sudah dimulai sejak tahun 2015 di atas lahan seleuas 2.800 m2 di Kawasan Pendidikan Telkom, Bandung Selatan. BTP berperan sebagai intermediator dan pembangun sinergi antara Academic, Business, and Government atau Triple Helix A-B-G.

*foto : btp.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *