Februari 2018 Apple Luncurkan Speaker Pintar, HomePod

Setelah diumumkan pertengahan tahun 2017 lalu, akhirnya perilisan speaker pintar dari Apple segera dirilis.

Produk bernama HomePod ini sudah bisa dipesan (pre-order) namun baru akan tersedia untuk dijual pada 9 Februari. Apple membandrol produk ini senilai 319 Pound atau 349 USD (sekitar 4,7 juta rupiah) dengan pilihan warna putih dan abu-abu gelap.

Bisa dibilang Produk ini jawaban Apple untuk produk seri Echo milik Amazon Alexa, serta Home Speaker milik Google. Di dua tahun terakhir, penjualan speaker pintar dari Amazon memang cukup mendominasi.

Menurut kepala marketing Apple, Phil Schiller, pengguna akan takjub dengan kualitas audio speaker yang memiliki tinggi 7 inchi (17.78 cm) ini. Dilengkapi dengan chip A8 Apple yang memiliki sensor lokasi di dalam ruangan dan audio bisa disetel untuk suara sesuai selera dimana pun Anda berada. Lewat produk ini, Apple menjanjikan tidak hanya pengalaman sound premium, tapi juga semacam kontrol suara dari Siri.

Meski dirilis lebih dulu (pada 2011) dari kompetitornya, Siri belum bisa digunakan secara menyeluruh, artinya pengguna belum bisa menggunakan layanan suara ini secara maksimal. Dengan Homepod, Apple akan membuat Siri bisa mengirim pesan tidak hanya melalui aplikasi Apple tapi juga kompatibel dengan aplikasi lain seperti WhatsApp. Selain itu Siri juga bisa mengatur waktu, memainkan podcast, mengecek berita dan bahkan bisa terhubung ke berbagai perangkat dari rumah pintar (smart home) seperti menyalakan / mematikan lampu, mengeset temperatur rumah dll.

Memiliki woofer untuk bas, tujuh speaker treble untuk akustik berfrekuensi tinggi dan 6 microphone untuk kontrol suara Siri, HomePod dirancang sebagai perangkat audio multi-ruangan. Dan jika ada lebih dari satu HomePod di satu ruangan, speaker akan menyuguhkan sound stereo.

Namun, HomePod tidak akan berfungsi dengan service streaming lain di luar Apple MUsic misalnya seperti Spotify. Tapi dengan Apple MUsic saja, pengguna sudah bisa mengakses 45 juta koleksi lagu ditambah yang dari iTunes Library. Perangkat ini juga dirancang bisa diset dalam waktu 6 detik saja menggunakan iPhone.

Berikut beberapa produk Apple yang akan kompatibel dengan HomePod:

iPhone 5 atau yang lebih baru
iPad Pro
iPad Air atau yang terbaru
iPad mini 2 atau yang terbaru
iPod touch (generasi 6)

*foto: apple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *