Amazon Siap Ramaikan Persaingan E-Commerce Indonesia

Persaingan e-commerce tanah air akan kembali diramaikan oleh pemain global. Salah satu perusahaan e-commerce terbesar asal Amerika Serikat, Amazon.com, akan masuk ke Indonesia.

Dilansir dari situs kontan.co.id, Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Daniel Tumiwa memprediksi masuknya Amazon tidak akan mampu dilawan oleh e-commerce lokal. Soalnya tidak ada satu pun e-commerce Indonesia yang memiliki kemampuan modal maupun teknologi seperti Amazon. “Dia sudah gede banget. Punya semuanya,” ujar Daniel.

Perusahaan multinasional ini biasanya akan menguji pasar di tahun pertamanya, setelah itu barulah mereka memutuskan akan lanjut atau berhenti. Jika dalam satu tahun tidak berhasil, biasanya Amazon akan memutuskan untuk hengkang. Seperti yang terjadi di Cina, mereka tidak berhasil dan memutuskan untuk keluar. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi mereka di beberapa negara, salah satunya India. Amazon berhasil berada di posisi puncak dalam waktu setahun, dan bertahan sampai sekarang.

Didirikan pada 1994 oleh Jeff Bezos, awalnya muncul dengan nama Cadabra pada 1994. Situsnya mengudara dengan nama amazon.com tahun 1995. Awalnya Amazon merupakan toko buku daring, lalu menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan video, barang elektronik, perlengkapan, furnitur, makanan, mainan dan perhiasan. Saat ini Amazon memproduksi barang elektronik, buku elektronik dan komputer tablet, Kindle Fire. Perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington ini telah menjadi salah satu penyedia jasa komputasi online terbesar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *